Selamat Datang di Desa kami


Setiap Desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang merupakan pencerminan dari karakter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah sering kali tertuang dalam dongeng- dongeng yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulutt sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Tidak jarang dongeng tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat . Dalam hal ini di Desa Sriminosari juga memiliki hal tersebut yang merupakan identitas dari Desa.

Sriminosari dibuka tahun pada 1952 oleh rombongan Transmigrasi B.R.N , namun pada tahun 1957 ditinggalkan oleh para Transmigran tersebut dan dilanjutkan oleh Transmigransi BP.II  Lodaya juga akhirnya pada 1959 ditinggalkan pula.

Kira -kira pada tahun 1960 sisa-sisa pesrta Transmigran tersebut masih ada sekitar 36 kepala keluarga yang berlokasi dipekawatan yang sekarang dusun 1,yang selanjutnya pada tahun 1966 Berdasarkan izin kepala Negeri dimaksudnya Rombongan Transmigran local yang dipimpin oleh Mahmud Nawawi dari Serang Banten.

Kemudian pada tahun 1966 di lanjutkanya pembukaan dari pekawatan sampai Praja III (tiga) yang sekarang Dusun III Sriminosari pada tahun 1973 diteruskan lagi pembukaan Cingkuk dan diresmikan pada tahun 1974 sekarang yang dinamakan Desa Sriminosari , yang dihadiri oleh Tiga Gubernur :

  1. Gubernur Palembang
  2. Gubernur Semarang
  3. Gubernur Bandung

Penamaanya tersebut karena Penghasilan utama Masyarakat adalah Nelayan dan Petani . Nelayan Identik dengan Ikan dan Petani Padi. 

Adanya Proyek P.T MITSUGORO II PEKAWATAN

MITSUGORO adalah kerjasama antara MITSUI dan KOSGORO yang pada tahun 1969 kepala Negeri meminjam tanah lokasi jatah Pekawatan untuk disewakan kepada KOSGORO oleh Kepala Negeri selama 15 tahun sejak tahun 1969, dengan batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebalah Utara berbatasan dengan Desa Srigading
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Labuhan Maringgai
  • Sebelah Barat berbatasan denagn tanah EX. MITSUGORO
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Jawa

Karenanya dari dulu tidak ada proyek MITSUGORO II diLabuhan Maringgai melainkan PT. MITSUGORO II yang ada adalah di Pekawatan yang sekarang Desa Sriminosari.

Desa Sriminosari mempunyai Luas Wilayah  1.250 Ha, yang terdiri

  • Tanah Lahan Pertanian
  • Tanah Lahan Pemukiman
  • Tanah Lahan Umum dan Hutan Konversi.

 

 

 


SRI MINOSARI